Minggu, 01 Januari 2017

TEKNOLOGI & KEBISUAN

TEKNOLOGI & KEBISUAN












UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
TAHUN PELAJARAN 2016/2017





Surat Pernyataan
Ilmu Budaya Dasar (Softskill)


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama               : Maga Rahasama Siagian
Kelas               : 1ID01
NPM               : 34416212

Mata Kuliah    : Ilmu Budaya Dasar (Softskill)


Menyatakan bahwa karya ini dengan,

Judul               : TEKNOLOGI & KEBISUAN

Karya Ilmiah yang saya buat bebas plagiat dengan,

Jumlah Kata    :  1532






Jakarta, 3 Januari 2017




Maga Rahasama .S



KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul "TEKNOLOGI & KEBISUAN". Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :

1.Tuhan Yesus Kristus yang selalu memberikan karunia dan kasih sayang yang melimpah kepada saya.
2. Mamah, Papah, Kakak dan Abang (keluarga), yang mendukung moral dan yang selalu menyemangati dalam keadaan apapun.
3. Muhammad Akram, S.IP,MPS, yang memberikan tugas yang baik ini, yang dikarenakan memberikan pengalaman saya yang melatih pikiran saya dalam mengelola kata-kata tanpa plagiat.
4. Vidia Astuti, yang selalu ada disamping saya saat mengerjakan tugas ini, yang selalu menyemangati dan mengingati bahwa tugas ini kudu buru-buru kelar sebelum tahun baru, makasih yaaa
J.
5.Teman-Teman kelasan, yang selalu bilang santai aja padahal mereka udah pada setengah jalan.
 
Penulis menyadari bahwa makalah ini belumlah sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari rekan-rekan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan makalah ini

                                                                                        Depok, 31 Desember 2016


                                                                                                  Maga Raha Sama .S           
Pendahuluan
1.     Latar Belakang
Dapat kita ketahui dan kita mengerti bahwa teknologi adalah sebuah alat yang di buat oleh manusia untuk membuat sesuatu yang baru atau sebuah terobosan dalam hari ke hari yang di gunakan untuk mempermudah kegiatan manusia.
Teknologi berkembang dengan begitu cepatnya dan pesatnya sampai-sampai teknologi dapat menggantikan manusia dan teknologi lebih di pilih manusia sebagai pekerja dibandingkan manusia itu sendiri. Dalam hal ini artinya teknologi sudah di pandang sebagai suatu hal yang sangat penting dan di perhitungkan di masa yang akan datang.
Kita lihat di zaman millennium ini sudah banyak bagian yang diambil ahli oleh teknologi yang di fungsikan dalam fungsi untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaanya, dalam kehidupan sehari-hari misalnya ada teknologi maps dan gps yang membantu dan mengambil bagian dalam pemetaan suatu jalan atau navigasi.
Tapi dalam semua hal itu, teknologi yang sangat digunakan oleh manusia adalah internet dan segala jenis jaringan dan media yang digunakan untuk memberi dan menyampaikan informasi, karna informasi adalah bagian yang paling penting dalam kehidupan manusia, jadi yang paling penting di dalam suatu teknologi untuk manusia adalah bagaimana menyampaikan informasi yang sudah ada untuk di kembangkan  oleh gen-gen manusia yang aka nada nantinya dan akan terus menerus dilakukan selama ada regenerasi dalam kehidupan manusia.
Dalam hal ini banyak media-media komunikasi yang di gunakan dalam berkomunikasi dan untuk menyampaikan informasi contohnya adalah yang paling kita kenal yaitu handphone (HP), internet, komputer, harddisk dalam fungsi menyimpan berbagai informasi untuk masa yang akan datang nantinya.
Dari semua itu intinya adalah komunikasi yang akan di gunakan untuk membagikam informasi dan dari yang kita ketahui bahwa komunikasi berasal dari kata Bahasa inggris yaitu communication dan secara etimologis atau menurut asal katanya yang berasal dari Bahasa latin adalah communicates yang bersumber  dari kata communis yang memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’.
Dari arti itu kita dapat mengerti dan pahami suatu hal yang paling penting dalam kehidupan adalah bagaimana cara manusia menyampaikan komunikasi yang mudah dan dapat dipahami dengan mudah untuk di teruskan dan di kembangkan oleh umat manusia yang lainnya.


Pembahasan
II.1 Perkembangan Teknologi
Teknologi ? ya seperti yang kita tahu bahwa teknologi adalah sebuah alat baik dalam bentuk alat-alat yang dapat di pegang dan dirasa maupun hanya sebuah aplikasi (software).

Adapun pendorongnya ada. 2, yaitu perkembangan teknologi komunikasi dan informasi didorong oleh pergeseran ekonomi yang didominasi oleh jasa serta adanyaevolusi ke arena perdagangan global yang dengan cepat melanda seluruh dunia. Dalam suatu teknologi pasti ada yang akan dikembangkan dan terus berkembang yang dipikir sangat dibutuhkan dan di inginkan di dalam tulisan ini penulis akan lebih tertuju kepada dampak teknologi aplikasi penyampai informasi.
Adapun pendorongnya ada. 2, yaitu perkembangan teknologi komunikasi dan informasi didorong oleh pergeseran ekonomi yang didominasiolehjasa serta adanyaevolusi ke arena perdagangan global yang dengan cepat melanda seluruh dunia.
Banyak yang bertanya-tanya mengapa teknologi terus menerus berkembang, dalam hal ini banyaknya pro dan konta ada yang setuju bila teknologi terus menerus berkembang pesat ada juga yang tidak di karenakan melihat dampak dari kemajuan teknologi itu sendiri.

II.2 Komunikasi Antar Manusia                            
Komunikasi adalah proses, Komunikasi merupakan suatu proses, suatu kegiatan, walaupun kita mungkin seakan-akan ini merupakan suatu yang statis, yang diam, komunikasi tidak pernah seperti itu.
Komunikasi itu adalah sebuah hal yang sangatlah benar - benar penting dan sangat-sangatlah dibutuhkan karna dalam kehidupan yang paling penting bisa di bilang salah satunya adalah aspek dalam berkomunikasi, yang di karenakan komunikasi adalah cara manusia dalam menyampaikan informasi terus menerus untuk mempercepat proses pembelajaran kepada generasi-generasi yang akan menggantikan kita.
Proses komunikasi terjadi jikalau ada 2 orang atau lebih yang saling memberikan informasi agar dapat terus mengetahui apa yang terjadi, dalam berkomunikasi, dalam cara berkomunikasi di zaman ini sudah lah sangat berbeda dengan zaman-zaman yang lainnya di karenakan majunya teknologi yang sangat cepat dan pesat banyak teknologi yang menyediakan aplikasi-aplikasi untuk mengirim pesan dalam berbagai cara, ini adalah sebagian contoh-contoh aplikasi untuk menyampaikan pesan (berkomunikasi) What’s app, Line, Facebook, Email dan lain-lain.
II.3 Alat-Alat Komunikasi
            Media komunikasi dapat didefinisikan sebagai alat bantu yang digunakan untuk berkomunikasi. Alat bantu yang memindahkan pesan dari sumber kepada penerima. Media komunikasi ini menjadi alat bantu atau seperangkat sarana yang digunakan untuk kelancaran proses komunikasi.
Setelah kita mulai mengenal apa itu teknologi dan apa itu komunikasi, sekarang penulis akan menjelaskan apa saja alat-alat komunikasi yang sering di gunakan oleh kebanyakan orang di masa atau abad  yan ke 21 ini.
Dalam zaman yang sudah sangat modern ini banyak sekali alat-alat yang di tujukan untuk berkomunikasi karna komunikasi adalah kebutuhan, contoh alat – alat untuk berkomunikas adalah handphone yang di dalamnya bisa terdapat media aplikasi sms, telephone, what’s app, line, dan lain-lain ada juga radio dalam bentuk suara yang akan kita dengar dan ada juga teknologi.
II.4 Dasar Komunikasi
Komunikasi di dasari oleh 1 hal, jika ada pemberi informasi dan penerima informasi, seperti layaknya seorang berbicara kepada seseorang atau seorang berbicara kepada kelompok. Komunikasi sangatlah diperlukan dalam kehidupan karna dasar dari sebuah kemajuan zaman dikarenakan salah satunya adalah dengan berkomuniasi satu sama lain untuk menyebarkan infromasi.
Stephen Littlejohn mengatakan: Communication is difficult to define. The word is abstract and, like most terms, posses numerous meanings (komunikasi sulit untuk didefinisikan. Kata “komunikasi” bersifat abstrak, seperti kebanyakan istilah, memiliki banyak arti).1  Dari pernyataan ini menunjukan memang komunikasi adalah sesuatu yang sulit untuk diartikan, tapi menurut saya komunikasi itu adalah suatu hal yang digunakan untuk berinteraksi, berkomunikasi dan untuk menukarkan pemikiran dan menyampaikan informasi.
It is a process that makes common to two or several what was the monopoly of one or some,2(Komunikasi adalah proses yang membuat dua atau beberapa orang memahami apa yang menjadi monopoli satu atau beberapa orang lainnya). Ini adalah salah satu statemen yang setuju bahwa komunikasi adalah proses untuk memahami.
 

1 Stephen W.LittleJohn, (1999), teories of human communication, wads worth publishing comoany, albu querque, new mesico. hlm.6.
2 Gerald R.Miller, (1966), on definding comunitation:another stab, jornal of communication 16, hlm 192,ibit;little jhon, hlm 6-7.

II.5 Teknologi dan kebisuan
Dari yang kita tahu kita sudah membahas 4 hal dalam makalah yang saya buat ini yaitu pengenalan singkat apa itu Teknologi, Komunikasi antar manusia, Alat – alat komunikasi dan dasar komunikasi.
Sekarang mari kita ulas satu persatu, pernahkah anda atau kalian melihat banyak sekali orang yang dapat bertahan diam dan tak melakukan interaksi apapun sendirian ? lalu jika iya apa yang biasanya mereka lakukan ? mungkin ada beberapa orang yang hanya terdiam saja namun kebanyakan orang terdiam dikarenakan teknologi handphone yang di jadikan teman saat sendirian oleh kita ataupun mereka. Mereka mencari informasi demi informasi di handphone atau sekedar bermain game atau pun berinteraksi lewat media social yang banyak pilihanya.
Dalam hal lain juga terkadang saat kumpul bersama-sama banyak yang hanya bermain handphone satu sama lain yang sangat merusak suatu hubungan manusia dalam berinteraksi bahkan lebih parahnya lagi terkadang saya melihat beberapa orang malah melakukan interaksi lewat handphone padahal mereka berdua bersebelah-sebelahan. Hal inilah yang mengurangi kita dalam berkomunikasi lebih luas dan lebih flexsibel karna tak di batasi oleh tulisan2 yang mungkin perkataan itu sulit di jelaskan lewat tulisan-tulisan.
Namun kita tak boleh melihat satu sisi saja, mari kita lihat di sisi yang lainya, kita juga dapat melihat bahwa teknologi sangatlah membantu manusia untuk saling berinteraksi dimanapun kapan pun asalkan kita punya handphone atau computer dan jaringan internet yang cepat ataupun lambat.
Teknologi juga mempertemukan orang yang lama kita tidak jumpai melalui informasi yang di upload dan di dapatkan melalui media social ataupun search engine dan disitulah sebagian peran teknonlogi sangat menguntungkan bagi manusia. Namun salahnya adalah teknologi terlalu memanjakan kita dan sampai-sampai kita terlena dan selalu mengandalkan teknologi di banding bertemu langsung, missal dalam proses pembelajaran sekarang orang lebih memilih belajar melalui video-video pembelajaran di bandingkan belajar kelompok bersama teman yang membuat pikiran lebih terbuka dan lebih baik
Hal ini membuktikan bahwa peranan teknologi telah membuat bisu manusia, lama kelamaan tanpa kita sadari kita telah bisu, ingatlah mungkin saat ini kita masih berkomunikasi dengan baik tapi seiring cepatnya perkembangan teknologi lama- kelamaan kita dapat berbicara namun bisu atau saya sebut sebagai, Bisa berbicara namun tak bisa berkata-kata (BBNB).




Kesimpulan
Semua yang baik adalah sesuatu yang di buat dengan baik dan tindakan yang baik adalah tindakan yang di lakukan seseorang dengan menggunakan apa yang dia punya dan dia tau tujuan awal dari kegunaan apa yang dia punya itu.
Teknologi memanglah suatu hal yang baik untuk mempermudah kerja manusia namun kita harus tahu tujuan teknologi itu di buat, ingat hanya membantu bukan menggantikan apa yang seharusnya di lakukan oleh manusia, dan kita sebagai umat manusia jangan mau hak dan fungsi kita di gantikan oleh teknologi, ingatlah teknologi hanyalah membantu bukan menggantikan.
Jadi intinya adalah ingatlah sesuatu yang mau kamu lakukan, kenali apa tujuan teknologi yang di buat itu dan mengerti apa fungsi teknologi itu. Agar kita tidak terbisu dan terdiam dalam suatu hal.
Saran
Luangkan Waktu mu untuk menikmati hidup, lukan apa yang seharusnya kau lakukan bukan teknologi lakukan. Dan ingatlah dalam suatu komunikasi sangatlah indah jikalau di lakukan secara tatap muka di bandingkan di  lakukan lewat media lain seperti handphone dan leptop, yang membuat kita lama-lama menjadi jauh yang di karenakan kita di manipulasi seolah-olah dekat padahal jauh dan yang dekat seakan jauh.
Jadi lakukanlah sebuah gerakan baru yang membuat anda dan kalian semua menjadi manusia yang baru, manusia yang hidup dan tak bisu, dan bukan manusia yang dapat berbicara namun sulit tuk berkata.











DAFTAR PUSTAKA
Devito, A. Joseph. 2010. Komunikasi Antarmanusia. Indonesia : Karisma Publishing.
Morissan. 2014. TEORI KOMUNIKASI INDIVIDU HINGGA MASA. Indonesia : KENCANA Prenada Media Group.

  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar