Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat
penting bagi perusahaan di mana strategi pemasaran merupakan suatu cara
mencapai tujuan dari sebuah perusahaan, karena potensi untuk menjual proposisi
terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Hal ini juga didukung
oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang
menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai
tujuannya.” Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya
pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis
justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan
masyarakat. Pemasaran menurut W. Y. Stanton Pemasaran ialah sesuatu yang mencakup
seluruh sistem yang bersangkutan dengan destinasi untuk merencanakan dan
menilai harga hingga dengan mempromosikan dan menyalurkan barang dan jasa yang
dapat memuaskan keperluan pembeli aktual maupun potensial.
Berdasarkan definisi di atas, proses pemasaran
dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya
pemasaran memiliki tujuan yaitu:
1.
Konsumen potensial
mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat
menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
2.
Perusahaan dapat
menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran.
Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan
mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi
kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara
cepat.
3.
Mengenal dan memahami
konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual
dengan sendirinya.
Pada umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi
beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor
sebagai berikut:
1.
Faktor mikro, yaitu
perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2.
Faktor makro, yaitu
demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik, dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan
untuk pemasaran: Dari sudut pandang penjual:
1.
Tempat yang strategis (place),
2.
Produk yang bermutu (product),
3.
Harga yang kompetitif (price),
4.
Promosi yang gencar (promotion),
5.
Sumber daya manusia (people),
6.
Proses atau aktivitas
bisnis (process), dan
7.
Bukti fisik perusahaan (pysical
evidence).
Dari sudut pandang konsumen:
1.
Kebutuhan dan keinginan
konsumen (customer needs and wants),
2.
Biaya konsumen (cost to
the customer),
3.
Kenyamanan (convenience),
dan
4.
Komunikasi (comunication).
Dari
apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa
pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus
kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Pemasaran yang
berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen
(tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di
dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
Aspek
Pemasaran
Pengertian aspek pemasaran adalah
faktor penting yang dijadikan sebagai kunci dari keberhasilan perusahaan khususnya
dalam memetakan pasar. Aspek pemasaran dalam pengelolaan usaha sama halnya
dengan aspek pemasaran dalam studi kelayakan bisnis yang dirancang dan
diperhatikan sebelum kita memulai usaha.
1.
Spesifikasi Produk
2.
Analisa dan Peramalan Permintaan
3.
Analisa Pesaing
4.
Penentuan Harga Jual
5.
Promosi
6.
Negosiasi
7.
Distribusi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar